11 Cara ampuh merawat lidah dengan sihir

iklan
iklan
11 Cara ampuh merawat lidah dengan sihir
Lidah merupakan suatu hal yang sangat vital bagi kehidupan manusia, tanpa lidah manusia tidak bisa berbicara dengan fasih seperti manusia pada umumnya, tanpa lidah manusia tidak bisa merasakan manisnya gula, pahitnya kopi dan asinnya garam. oleh karena itu, manusia bisa dikatakan sempurna apabila mempunyai seluruh anggota tubuh termasuk lidah. namun dengan demikian lidah manusia harus dijaga agar tetap bisa berbicara, agar tetap bisa merasakan manisnya gula dan lain sebagainya dengan segala cara yang benar. nah, oleh karena pentingnya lidah, disini saya akan menjelaskan 11 cara menjaga lidah manusia agar tetap terjaga kebersihannya, kesehatannya dengan sihir, yang dimaksud sihir yaitu sihir modern yang menggunakan cara-cara yang realistis tanpa ada mistis sama sekali, langsung saja simak sebagai berikut :

1. Membersihkan Lidah
simak juga

Paru-paru | mengenal macam, penyebab, mencegah, mengobati penyakit mematikan


Ini merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan lidah yang sehat. Dimana kita bisa menggunakan alat seperti sikat gigi maupun alat lainnya seperti scrapper. Jika anda memilih untuk membersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi, maka pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu-bulu sikat yang lembut. Hal ini bertujuan agar nantinya pada saat membersihkan lidah tidak menimbulkan luka pada bagian tersebut.

Namun, seorang ahli kesehatan yang berasal dari Stoneham, Massachusetts bernama Dr. Joseph Pizzarello pernah mengatakan bahwa cara terbaik untuk merawat lidah adalah dengan menggunakan pengikis lidah (scrapper) yang dapat digunakan untuk menghilangkan dan membersihkan bakteri dari permukaan lidah. Dengan begitu bagian mulut tersebut akan tetap bersih dan juga sehat. Selain itu, menerapkan scrapper pada lidah akan dapat membantu mencegah halitosis (bau mulut) serta berbagai masalah kesehatan mulut.

Lalu seberapa sering kita harus melakukan hal itu? Menurut Dr. Joseph Pizzarello, membersihkan lidah tidak sama dengan menyikat gigi yang harus dilakukan 2 kali dalam sehari. Kita bisa menerapkan scrapper untuk membersihkan lidah pada saat lidah terlihat kotor atau terdapat semacam lapisan berwarna putih yang menutupi permukaan lidah. Saat membersihkan dengan scrapper tidak perlu dilakukan dengan kasar (keras). sehingga menimbulkan dampak seperti perdarahan pada lidah. Hal ini cukup dilakukan dengan lembut dan perlahan saja.

Berikut ini tips sederhana untuk membersihkan bagian lidah dalam upaya Menjaga Agar Lidah Tetap Sehat :

Langkah 1 : berkumur dengan air hangat untuk membantu melonggarkan lapisan putih dipermukaan lidah, sehingga nantinya akan mempermudah proses pembersihan. Pastikan untuk tidak menelan air kumur tersebut, karena hal itu akan meningkatkan resiko penyebaran kuman dan bakteri ke dalam tubuh.

Langkah 2 : Membersihkan seluruh lapisan atas lidah dengan menggunakan scrapper secara perlahan-lahan yang dimulai dari dasar lidah, yairu dari arah belakang ke depan, dan dari kiri ke kanan.

Langkah 3 : menerapkan pasta gigi akan dapat membantu mempercepat proses pembersihan lidah. Oleskan pasta gigi pada permukaan lidah dan biarkan +/- 90 detik

Langkah 4 : bersihkan kembali permukaan lidah Anda hingga bersih dengan menggunakan scrapper.

2. Memperhatikan jenis makanan

Jenis makanan yang kita konsumsi juga sangat berpengaruh pada kesehatan lidah. Para ahli kesehatan mulut dan gigi sangat menyarankan agar kita mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan seperti strawberry, apel, lemon, maupun jenis buah-buahan yang lain sebagai pencuci mulut. Selain buah-buahan, para ahli kesehatan juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman prebiotik seperti yogurt untuk membantu menghilangkan bakteri yang bersarang pada tubuh, terutama di bagian lidah.

Makanan dan minuman yang mengandung prebiotik ini juga bermanfaat sebagai :

- cara mengobati amandel tanpa operasi
- mengatasi penyakit ambeien
- cara mengatasi diare

3. Membiasakan diri untuk menyikat gigi atau berkumur setelah makan

Kebiasaan menyikat gigi setelah makan akan dapat membantu untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal pada gigi penyebab gigi berlubang. Akan tetapi, mungkin bagi sebagian orang, kebiasaan menyikat gigi setelah makan akan sangat sulit dilakukan. Beberapa alasan seperti tak ada waktu, atau hanya karena malas mereka utarakan untuk mencari pembenaran.

Untuk mengatasi hal tersebut, cara praktis yang bisa dilakukan adalah dengan berkumur-kumur setelah makan. Kebiasaan ini bisa membantu anda untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi dan lidah. Pada saat berkumur, sangat dianjurkan untuk menggunakan cairan antiseptik yang dapat menurunkan resiko terjadinya karang gigi serta dapat membersihkan bakteri maupun noda yang masih menempel pada lidah.

Dengan menyikat gigi dan berkumur setelah makan ini, juga bisa mengatasi masalah pada rongga mulut lainnya seperti :

- penyebab bau mulut
- faringitis
- sakit gigi

4. Menghindari penggunaan aksesoris pada lidah

Di era modern ini, penampilan merupakan salah satu hal yang akan selalu menjadi perhatian seseorang. Sehingga banyak kalangan terutama kawula muda yang melakukan berbagai cara untuk menunjang penampilannya. Salah satunya adalah dengan menindik lidah dalam menggunakan berbagai jenis aksesoris. Padahal hal semacam itu akan dapat membawa dampak berbahaya bagi kesehatan, seperti terjadinya resiko infeksi yang akan meningkatkan jumlah bakteri maupun kuman pada lidah.

Untuk itu, menghindari penggunaan tindik atau aksesoris lainnya guna cara menjaga lidah agar tetap sehat. Menindik lidah dengan aksesoris ini bisa juga menyebabkan :

- penyebab lidah terasa pahit
- penyebab mulut terasa pahit dan kering

5. Menghindari konsumsi alkohol dan kafein

Bahaya alkohol dan bahaya kafein yang sering dikonsumsi sangat tidak baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan pada bagian mulut Anda. Hal ini akan menimbulkan terjadinya bau mulut yang kronis. Partikel-partikel yang terdapat dalam kedua senyawa tersebut dapat melapisi bagian dalam mulut, termasuk lidah. Coba perhatikan orang-orang yang cenderung memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dan kafein cenderung memiliki gigi yang kuning serta bau mulut yang tidak sedap.

Bahaya minuman keras dan minuman berkafein ini juga bisa menyebabkan :

- gejala asam lambung
- penyebab jantung berdebar debar
- gejala tipes

6. Pentingnya Menjaga Kesehatan Lidah

Lidah merupakan salah satu tempat dimana bakteri maupun kuman dapat dengan mudah berkembang biak di sana. Semakin lama apabila kebersihan dan kesehatan lidah tidak terjaga, maka kuman-kuman maupun bakteri tersebut dapat tumbuh dan berkembang ke seluruh bagian lidah. Hal ini pada akhirnya dapat menyebar ke bagian mulut yang lainnya seperti gigi, gusi, maupun tenggorokan dan menimbulkan berbagai masalah pada bagian mulut tersebut, seperti menyebabkan penyakit gigi, plak, penyebab gusi bengkak, maupun halitosis atau bau mulut.

7. Mengkonsumsi Yogurt

Yogurt adalah jenis makanan yang mengandung pro-biotik yang berperan penting  dalam menjaga kebersihan lidah. Pro-biotik sangat ampuh membunuh kuman yang terdapat pada lidah. Selain berfungsi sebagai pembunuh pro-biotik juga dapat mencegah kuman yang biasa ada pada lidah.

8. Sikat Gigi Secara Teratur

Sikat gigi yang teratur berfungsi merawat gigi, gusi dan lidah. Dengan kita mengosok gigi secara teratur 3 kali dalam sehari akan sangat bagus untuk kesehatan mulut secara keseluruhan.

9. Bersihkan Lidah Secara Teratur

Untuk memberikan pengaruh langsung pada lidah maka bersihkanlah lidah dengan cara dikerok dengan kain yang halus atau sejenisnya, berhati-hatilah dalam membersihkanya karena lidah adalah bagian yang sensitif, terlalu keras membersihkannya biasanya berakibat muntah.

10. Sering-Sering Berkumur

Cara selanjutnya yang harus anda lakukan ialah rajin untuk berkumur, karena dengan kita berkumur kotoran dan sisa-sisa makanan yang terdapat pada mulut akan terbawa air yang terbuang. Lakukanlah setiap selesai makan atau mengemil makanan ringan atau sejenisnya, juga lakukan bukan hanya setiap makan saja untuk hasil yang baik.
simak juga

Jantung | mengenal, penyebab, mencegah, mengobati penyakit mematikan


11. Mengkonsumsi Kunyit

Kunyit adalah jenis obat-abatan yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri dan sebagai antiseptik.  Kandungan yang terdapat pada kunyit berfungsi ampuh untuk membersihkan lidah dari bakteri-bakteri yang terdapat pada lidah.

oleh karena itu kita semua harus bersyukur karena kita diberikan anggota tubuh yang sangat berharaga di kehidupan manusia yaitu lidah, cara bersyukur kita tidak hanya dilantunkan dengan ucapan dan pujian saja, namun juga dengan menjaga dan merawat kebersihan dan kesehatan lidah agar lidah yang diberikan bisa sehat dan selalu bisa digunakan untuk berbicara dan digunakan untuk merasakan aneka rasa makanan seperti manis, asam, pahit, asin dan lain sebagainya. terimakasih atas kunjungannya salam infodob
iklan